Menanam Strawberry Menggunakan Pipa yang Sederhana

Apa yang anda pikirkan saat mendengar kalimat strawberry? Banyak yang suka pada buah merah mungil ini. Bahkan juga dengan perubahan tehnologi, saat ini kita dapat memperoleh ukuran strawberry yang bermacam. Dengan adanya banyak macam serta type dari perubahan strawberry, demikian halnya dengan tehnik penanamannya. Salah nya ialah penanaman strawberry memakai pipa. Pemakaian pipa untuk penanaman strawberry yaitu penanaman yang identik dengan hidroponik.

Syarat Tumbuh Strawberry :
Dalam lakukan suatu hal yang baru, Anda butuh mencari tahu info selengkap-lengkapnya seperti di Jual Bibit Tanaman untuk mensupport sistem serta menghindar terjadinya kebuntuan karena bingung mesti apa setelah itu. Anda mesti tahu prasyarat tumbuh tanaman strawberry.

Tersebut prasyarat tumbuh tanaman strawberry :

  • Hasil maksimum juga akan didapat jika strawberry ditanam di dataran tinggi dengan ketinggian 1. 000 – 1. 500 mtr. dari permukaan laut.
  • Strawberry tidak dapat tumbuh dengan baik jika curah hujan selalu datang sehari-hari. Strawberry juga akan tumbuh dengan baik serta hasilkan buah dengan warna serta rasa yang prima di daerah dengan curah hujan 600 – 700 mm per th..
  • Buah strobery termasuk juga tanaman subtropis yang dapat tumbuh di Indonesia dengan baik. Walau demikian, dianya cuma lebih gampang untuk menyesuaikan pada dataran tinggi dengan temperatur suhu 17 – 20 derajat celcius.
  • Perkembangan strawberry juga akan berjalan dengan baik sesudah memperoleh cahaya matahari sepanjang 8 – 10 jam sehari-harinya.
  • Tingkat kelembapan udara yang menstimulus perkembangan strawberry pada 70 – 80%.
  • Derajat keasaman tanah atau pH tanah yang baik untuk budidaya strawberry didalam polybag atau pot yaitu 6, 5 – 7, 0.
  • Media tanam untuk budidaya strawberry tabulampot mesti memiliki karakter poros, gampang menelan air, serta ketersediaan unsur hara senantiasa ada.

Langkah Menanam Strawberry di Pipa

Perkembangan yang maksimum dapat terwujudkan dengan pemakaian system pipa ini, karna nutrisi yang diserap oleh strawberry semakin banyak. Karna strawberry adalah buah-buahan yang juga akan badan subur di dataran tinggi yang mempunyai udara sejuk serta dingin. Namun bila sesungguhnya anda mempunyai lahan yang minim, janganlah cemas. Penanaman cara pipa yaitu satu diantara alteratif penanamanya, di bawah ini beberapa langkah penanaman strawberry memakai pipa :

1. Persiapan Alat Dan Bahan

Terdapat banyak perlengkapan serta persiapan bahan yang terlebih dulu mesti disediakan sebelumnya mulai bertanam strawberry didalam pipa. Alat-alat itu yaitu baki persemaian, hand sprayer, ember, timbangan ohaus, pot, jerigen, pipa paralon serta tali kompos. Sedang untuk persiapan bahan yaitu garam mineral, pupuk yang sudah dibuat siap gunakan serta porus dan bibit dari strawberry pastinya.

2. Sistem Pembibitan Strawberry

Ada 3 cara dalam pembibitan strawberry meskipun anda mungkin segera beli bibit strawberry segera dari pengecer bibit. Tersebut ke 3 langkah pembibitan strawberry :

  • Dengan Sulur atau Stolon

Ini adalah satu diantara metod pembibitan strawberry paling cepat. Karna akar ataupun tunas juga akan selekasnya tumbuh dari sulur yang di peroleh dari pohon strawberry. Jepit sulur pada media tanam yang terlebih dulu sudah di basahi itu serta biarlah sampai ada perkembangan akar atau tunas. Potong sulur paling utama bila telah berlangsung bertambahnya daun.

  • System Re-potting

Ini hanya system pembibitan di mana anda cuma butuh memisahkan sebagian bibit paling baik kedalam instalasi hidroponik atau dalam pipa nanti. Bila bibit bibit strawberry terlebih dulu di tanam didalam polibag, jadi anda bsa memisahkan beberapa bibit itu lewat cara menyobek polibag dengan hatihati jangan pernah nanti batang atau akar strawberry jadi rusak ataupun patah.

Siram serta bersihkan media tanam hinga betul-betul bersih serta yang tinggal hanya tanaman stroberry. Sesudah d bersihkan jadi anda dapat memasukan tanaman strawberry itu kedalam media penanaman yang juga akan di gunakan seperti vermiculite atau rockwool serta upayakanlah temperatur lingkungan ataupun nutrisi sama juga dengan media terlebih dulu, hingga tanaman strawberry tidak layu, kaget serta mati. Supaya kelembapan akar terbangun jadi anda baiknya mengubahkan bibit pada saat sore hari.

  • System Pembibitan Biji

Meskipun nanti anda mesti di butuhkan kesabaran ekstra dalam lakukan pembenihan dari memakai biji, namun masih tetap banyak yang memakai cara pembibitan satu ini. Paling tidak bibit strawberry memerlukan saat sampai satu bulan serta paling cepat satu minggu supaya dapat bertunas atau sprout. Umumnya juga akan memerlukan saat satu tahun supaya dapat di kerjakan pemanenan bila anda menumbuhkan tanaman strawberry dari biji. Meskipun terdengar begitu lama, namun dengan perubahan tehnologi anda dapat percepat perkembangan sprout dengan memakai zat ZPT supaya dapat meransang perkembangan.

3. Sistem Penyemaian Benih Strawberry

Sesudah anda sukses lakukan pembibitan jadi sistem setelah itu yaitu penyemaian bibit. Pakai media pasir untuk lakukan sistem penyemaian bibit strawberry. Ayak pasir sampai halus yang kelak nya juga akan di menjadikan media semai. Terlebih dulu anda mesti merendam sekalian membersihkan pasir itu sepanjang 1 jam lamanya. Sesudah hal itu usai anda mesti selekasnya bersihkan baki persamaian serta lalu input pasir yang di pakai jadi media semai sampai menjangkau 4 cm.

Buat baki tampak seperti nyaris penuh untuk sebagian waktu lewat cara menyiram baki sampai kelebihan air. Tempatkan bibit strawberry kedalam media semai namun susunlah jarknya janganlah sangat rapat. Janganlah dibiarkan pasir media semai jadi begitu kering saat sistem penyemaian berjalan. Jadi sehari-hari anda mesti lakukan penemprotan di media semai. Bibit strawberry telah dapat di hiraukan ke media tanam yang berbentuk pipa bila telah mulai berkembang 2 sampai 4 helai daun baru. Jadi, lanjut ke langkah menanam strawberry di pipa.

4. Penanaman

Sediakan wadah penanaman, di masalah ini yaitu pipa, jadi anda mesti mempersiapkan pipa penanaman. Belah pipa itu jadi dua sisi, meskipun nanti anda masih tetap dapat memakai media serta wadah beda seperti pot atau penanaman segera di tanah. Jangan pernah ada kebocoran pada pipa waktu memotongnya. Berikan serta buat lubang penanaman yang berjarak untu tempat tumbuhnya strawberry kelak.

Jarak baik pada satu lubang dengan lubang yang lain yaitu 3 sampai 5 cm di antara lubang-lubang itu. Anda dapat memakai media tanam berbentuk pasir atau kerikil serta media tanam yang lain. Sebelumnya lakukan penanaman jadi anda baiknya membersihkan serta merendam media tanama didalam air hangat sepanjang 30 atau 60 menit. Tersebut langkah menanam strawberri didalam pipa :

  • Input media tanam yang terlebih dulu sudah anda sediakan dalam pipa.
  • Input sampai menjangkau ukuran 3 atau 4 cm diatas lubang pipa yang sudah di buat.
  • Jangan pernah akar bibit yang juga akan di tanam putus.
  • Beri nutrisi yang cukup serta pindahkan ke media tanam itu.
  • Pakai pemberian pupuk organik cair jadi sumber nutrisi dari penanaman bibit strawberry.

5. Kontrol Perawatan

Perawatan intent yang perlu anda kerjakan saat lakukan penanman dengan cara pipa hidroponik bila di banding dengan penanaman dengan cara yang lain. pH di media tanam harus juga jadi perhatian anda. pH paling baik yaitu 6, 3 serta anda mesti mengatus tingkat serta kandungan pH mendekati kandungan paling baik itu.

Terkecuali teratur melindungi pH anda harus juga teratur dalam memberi pupuk cair jadi nutrisi tanaman hidroponik. Pakai pupuk type apa pun pada saat masih tetap berupa pupuk cair.

Beri semprotan herbisssida serta fungisida untuk pengendalian hama. Namun bila anda tidak lihat ada hama yang menyerang jadi penyemprotan tidak mesti dikerjakan.

6. Panen

Seperti langkah menanam hidroponik jahe juga akan ada sistem pemanenan dimana strawberry yang sudah berbuah dapat di petik serta di ambil buahnya. Umumnya pemanenan juga akan di kerjakan saat strawberry berusia 4 sampai 6 bln..

Pemanenan dari strawberry begitu gampang anda cuma mesti memotong buah yang bewarna merah dengan pertolongan pisau ataupun gunting. Namun anda mesti tetaplah waspada supaya tidak turut mengakibatkan kerusakan sisi batang tanaman serta yang lain saat lakukan pemanenan buah straawberry. Umumnya pemanenan di kerjakan bertahap sekali dua minggu serta ketika siang hari. Jadi. tersebut langkah menanam strawberry di pipa paling gampang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *