Indonesia Jajaki Kerja Sama Dengan Australia Terkait Bawang Putih

Upaya kerja sama dalam bidang riset dan pengembangan komoditas bawang putih dijajaki Indonesia dan Australia. Hal ini dikatakan Kepala Balai Penelitian Tanaman Sayuran (Balitsa lembang) Catur Hermanto melalui penjelasan tertulis di Jakarta, Kamis (1/2/2018).

Kerja sama itu rencananya dilaksanakan Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) Kementerian Pertanian melewati Balai Penelitian Tanaman Sayuran (Balitsa). Sementara tersebut dari pihak Australia akan dilaksanakan oleh Australian Centre for International Agricultural Research (ACIAR).

Catur Hermanto menuliskan bahwa dengan adanya kerja sama riset tersebut, diinginkan permasalahan utama dalam komoditas bawang putih bisa tertangani dengan baik. Masalah-masalah tersebut seperti ketersediaan varietas unggul, perbenihan, dan kiat budi daya.

“Ketersediaan bibit bawang putih menjadi kendala tersendiri dalam upaya pengembangan bawang putih,” katanya.

Sudah semenjak lama semua petani terutama yang dulu wilayahnya sebagai sentra penghasil bawang putih tidak tertarik menanam. Penyebab utamanya sebab harganya tidak jarang kali anjlok sehingga semua petani merugi.

Akhirnya semua petani berpindah ke tumbuhan lain yang lebih menjanjikan keuntungan. Imbasnya, embrio bawang putih yang seringkali disisihkan untuk embrio akhirnya dipasarkan untuk konsumsi atau rusak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *