Destinasi wisata curug di bogor

Mencari liburan yang dekat dengan kota Jakarta tentu saja kalau tidak ke Bandung, Banten, atau Bogor. Namun, kalau Anda suka bersama dengan banyak variasi air terjun, silahkan datang ke Curug Cigamea yang jaraknya tak jauh dari pusat ibu kota Jakarta.

Curug mendefinisikan air terjun didalam bahasa Sunda, Cigamea berarti Gemuruh. Jadi nama Curug Cigamea ini berartikan air terjun yang gemuruh. Curug ini telah terbentuk alami dan baru resmi terhubung jalur akses pada 1991. Awalnya, curug Cigamea ini dibangun atas basic swadaya masyarakat setempat untuk terhubung lahan dan membuat jalur menuju Curug bersama dengan memakai pacul.

Setelah sekian lama, pada th. 2000an pemerintah baru membuatkan jalur bersama dengan aspal, dikarenakan selama ini jalur menuju Curug Cigamea tetap terbuat dari tanah hingga tak sering jalanan menjadi licin dan membuat pengunjung jatuh.

Curug Cigamea terdiri dari dua air terjun utama bersama dengan pembawaan yang berbeda-beda. Air Terjun yang pertama lebih dekat bersama dengan jalur masuk, bersama dengan tebing curam menyerupai dinding dan didominasi oleh batu-batu besar. Kolam limpahan air yang berada dibawahnya tidak terlampau didalam dan luas agar tidak dapat digunakan untuk berenang.

Sementara air terjun yang ke-2 berjarak 30 meter dari air terjun yang pertama dan berada di celah tebing. Air terjun yang ke-2 ini memiliki ketinggian sekitar 50 meter bersama dengan aliran air yang turun kebawah semakin melebar membelah tebing dan bebatuan yang berwarna hitam kecoklatan serta tumpahan air yang lumayan deras dibandingkan bersama dengan air terjun yang pertama.

Curug Cigamea ini berada di kawasan Wisata Gunung Salak Endah (GSE) di kaki Gunung Salak Desa GunungSari, Kecamatan Pamijahan, Bogor, Jawa Barat. Curug ini bernanung di Taman Nasional Gunung Halimun Salak. Di kawasan ini terdapat tiga Curug yakni Curug Seribu, Curug Ngumpet, dan Curug Cihurang.

Akses menuju kawasan Curug Cigamea ini terlampau mudah yakni berjarak kurang lebih 38km dari kota Bogor hingga pintu gerbang Kawasan Gunung Salak Endah. Selanjutnya dari pintu gerbang ini hanya berjarak 4km hingga tiba di pintu masuk Curug Cigamea.
Dengan Harga tiket masuk sebesar Rp.3500,- per orang, kita dapat menikmati keindahan alam di Curug Cigamea.

Jadi, tak kudu cari daerah wisata yang jauh kalau hanya memiliki kala sedikit untuk berlibur. Datanglah ke Bogor, dan menikmati air terjun serta kulinernya yang tak kalah memikat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *