Goa Jatijajar, Wisata Alam dan Sejarah Sekaligus di Kebumen

Kebumen memang lebih dikenal dengan wisata pantainya, di Kabupaten satu ini terdapat banyak sekali pantai-pantai indah layaknya Gunung Kidul di Jogja, mulai dari Pantai Karang Agung, Pantai Ayah hingga yang paling populer adalah Pantai Menganti.

Namun, selain wisata pantai, Kebumen juga memiliki objek wisata lain yang tak kalah menarik untuk dikunjungi, nah, salah satu wisata di Kebumen yang cukup populer selain pantai adalah wisata goa, karakteristiknya yang dikeliling perbukitan karst menjadikan banyak goa di Kabupaten ini yang berpotensi untuk menjadi tempat wisata. Salah satunya adalah Goa Jatijajar, mungkin kamu sudah familiar dengan objek wisata Goa Gong di Pacitan, dimana pemandangan didalam goa terlihat sangat indah, nah bagi kamu masyarakat Jawa Tengah, untuk bisa melihat keindahan didalam goa kita tidak perlu jauh-jauh ke Pacitan.

Goa Jatijajar menawarkan pemandangan yang tak kalah indah dengan Goa Gong, didalam Goa Jatijajar juga dihiasi oleh lampu-lampu yang membuat objek wisata Kebumen ini semakin terlihat indah, di objek wisata ini kita juga bisa melihat cantiknya bebatuan stalknit dan stalagmit yang menghiasi goa lho. Sesampainya di lokasi wisata, kita akan disambut oleh patung dinosaurus yang menjadi ikon dari objek wisata Goa Jatijajar ini, didalam Goa Jatijajar kita juga bisa menemukan 8 buah deorama dan juga 32 patung yang menceritakan tentang kisah Raden Kamandaka atau Lutung Kasarung.

Jadi selain berwisata alam, di Goa Jatijajar kita juga bisa berwisata sejarah, tak hanya itu saja, didalam Goa Jatijajar kita juga bisa menemukan 4 sendang, dengan nama :
– Sendang Mawar
– Sendang Kantil
– Sendang Jombor
– Sendang Pulser Bumi

Keseluruhan Goa Jatijajar terbuat dari bebatuan kapur, goa tersebut memiliki panjang sekitar 250 meter dengan lebar rata-rata 15 meter dan tinggi 12 meter, cukup luas bukan? Tak heran jika Goa Jatijajar menjadi salah satu tempat wisata yang wajib dikunjungi di Kebumen. Ditambah lagi, wisata Goa Jatijajar juga memiliki fasilitas tempat bermain anak yang membuat objek wisata ini semakin lengkap dan sangat sayang untuk dilewatkan.

Untuk mencegah jerawat dengan cuka apel

Perawatan wajah dengan cuka apel bisa membantu mengatasi dan mengobati jerawat. Karena, cuka yang terbuat dari buah apel ini memiliki sifat anti-bakteri dan antiseptik yang ampuh untuk membersihkan wajah–agar bebas dari bakteri penyebab jerawat.

Tidak hanya itu, pori-pori akan jadi lebih bersih dari partikel debu dan minyak apabila dibersihkan dengan menggunakan cuka apel. Kegunaan lainnya adalah untuk menyeimbangkan PH kulit sehingga jerawat tidak akan kembali lagi.

Bagaimana cara menggunakan cuka sari apel untuk mengobati jerawat?

Sediakan satu bagian cuka sari apel kemudian campur dengan 2 bagian air bersih

Gunakan bola kapas untuk menerapkan campuran bahan alami tersebut ke kulit yang berjerawat

Diamkan selama kurang lebih 10 menit kemudian bersihkan dengan menggunakan air hangat

Cobalah untuk menerapkannya beberapa kali dalam sehari hingga jerawat benar-benar hilang
Bisa dimanfaatkan sebagai toner untuk wajah

Manfaat cuka sari apel untuk kecantikan yang petama adalah sebagai toner. Jika Anda memiliki kulit berminyak, Anda bisa memanfaatkan bahan alami ini untuk mengurangi kelebihan minyak di wajah, memperkecil pori-pori, sekaligus memperlancar aliran darah. Berbagai manfaat tersebut tidak lepas dari adanya kandungan asam alfa hidroksi yang terdapat di dalamnya. Jika Anda tertarik untuk menggunakannya sebagai toner kulit wajah, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini.
Sediakan kurang lebih setengah cangkir cuka sari apel. Kemudian campurkan dengan air yang sudah disuling dengan perbandingan yang sama. Tambahkan juga beberapa tetes minyak esensial, misalnya minyak lavender.

Setelah dicampur rata, oleskan larutan tersebut di permukaan kulit wajah dengan menggunakan bola kapas

Biarkan selama beberapa menit sebelum dibilas dengan air dingin

Sisa toner alami buatan tersebut bisa Anda terapkan sekali atau dua kali dalam sehari. Namun ingat! pastikan Anda mengocoknya sebelum digunakan agar campuran larut dengan sempurna

Apabila Anda memiliki kulit normal, campuran yang digunakan adalah 1 bagian cuka sari apel dan 2 bagian air sulingan

Jika memiliki kulit sensitif, tambahkan lebih banyak air, misalnya hingga 4 bagian dan kurangi frekuensi menggunakan toner. Sebelum mengaplikasikan di kulit (muka) yang sensitif, pastikan Anda melakukan tes terlebih dahulu di kulit belakang telinga
Saran: jangan menerapkan toner alami ini terlalu lama di kulit wajah karena dapat menyebabkan iritasi apabila dibiarkan terlalu lama.

Manfaat Cuka Sari Apel untuk Kecantikan dan Kesehatan

Merawat kulit dan wajah dengan bahan alami agar tetap cantik dan sehat semakin banyak dipilih karena banyak wanita modern yang ingin menghindari berbagai bahan kimia berbahaya pada produk kosmetik.

Salah satu bahan alami yang banyak digunakan untuk merawat kulit adalah cuka sari apel. Manfaat cuka sari apel untuk kecantikan dan kesehatan sangat banyak dan aman, itulah sebabnya mengapa produk ini sangat disukai.

Cuka sari apel (apple cider vinegar) adalah salah satu bahan alami yang sedang naik daun beberapa tahun belakangan ini di Indonesia. Alasan utama kenapa cuka sari apel cukup sering dimanfaatkan adalah karena fungsinya yang sangat fleksibel.

Menurut WebMD, bahan alami ini telah digunakan sebagai obat rumahan sejak zaman dahulu. Kebanyakan digunakan untuk mengobati sakit tenggorokan atau varises. Seiring dengan kemajuan teknologi dan riset yang berkembang, beberapa tahun belakangan semakin banyak penelitian tentang cuka apel.

Dari hasil penelitian-penelitian tersebut, diketahui bahwa bahan alami ini memiliki bermacam-macam peruntukan, mulai dari untuk kecantikan, kesehatan, kebersihan, dan lain-lain.

Cuka sari apel sebenarnya terbuat dari jus (air) apel. Hanya saja, air apel tersebut mendapatkan tambahan ragi yang kemudian akan mengubah kandungan gulanya menjadi alkohol (proses fermentasi). Dalam prosesnya, bakteri akan mengubah alkohol menjadi asam asetat. Itulah sebabnya mengapa cuka ini rasanya sangat asam dan baunya lumayan menyengat.

Keindahan Curug Leuwi Hejo

Curug Leuwi Hejo terkenal sebagai objek Wisata Alam Jabodetabek dengan pemandangan yang indah dan air yang jernih. Curug ini juga disebut sebagai Curug Bengkok, dan merupakan salah satu air terjun kecil dengan kolam air terjun yang cukup luas. Nama Leuwi Hejo diambil dari bahasa Sunda setempat. Leuwi berarti kolam. Sedangkan hejo berarti warna hijau. Dengan demikian, pasti sudah tergambar betapa hijaunya kolam air terjun di curug tersebut.

Curug Leuwi Hejo Sentul mengalir di sungai Cileungsi. Keutamaannya adalah sumber air dengan air yang jernih. Hal ini menyebabkan kolam di air terjun ini menarik perhatian pengunjung untuk bermain air sambil berenang dan mandi di sekitar lokasi curug. Tidak heran juga jika banyak wisatawan yang berfoto-foto di Tempat Hunting Daerah Bogor satu ini. Selain itu, di sekitar lokasi curug ini juga ada curug lainnya yang bisa dikunjungi wisatawan. Air terjun itu antara lain Curug Cepet, Curug Leuwi Lieuk dan juga Curug Leuwi Bagon. Jika Anda kebetulan berwisata ke Curug Leuwi Hejo, jangan lupa mampir ke kedua curug lainnya.

Kawasan curug ini pernah ditutup untuk sementara waktu karena longsor yang menimpa kawasan wisata alam ini. Namun, setelah diperbaiki dan diperindah di segala sektor wisata uang ada, curug ini kini dibuka kembali dengan beberapa tambahan fasilitas. Sehingga saat ini wisatawan sudah bisa menikmati kegiatan wisata di Curug Leuwi Hejo dengan lebih maksimal dan lebih aman.

Setelah memarkirkan kendaraan, wisatawan tidak bisa sampai langsung di air terjunnya. Anda perlu untuk berjalan kaki alias trekking dulu untuk bisa sampai di Curug Leuwi Hejo Sentul. Trekking ini akan menghabiskan waktu kurang lebih 1 jam perjalanan. Namun jangan cemas, karena selama trekking, pemandangan akan sangat menyejukkan. Anda bahkan bisa berfoto-foto selama perjalanan, terutama saat sampai di jembatan bambu yang ada di sana.

Demikianlah beberapa penjelasan mengenai objek wisata Curug Leuwi Hejo Sentul yang menarik untuk dikunjungi saat liburan di kawasan Bogor Jawa Barat. Jika Anda memang penyuka petualangan di alam bebas, lokasi ini cocok untuk dikunjungi. Semoga penjelasan di atas bermanfaat. Selamat berlibur.

Lokasi wisata Puncak Mustika Manik

Secara administratif, lokasi Puncak Mustika Manik ini berada di kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS) Endah Bogr. Tepatnya berada di Jalan Gunung Pincung Gunung Sari Pamijahan Bogor. Lokasinya juga berdekatan dengan objek wisata lain seperti Panorama Alam Gunung Salak Endah, dan Bukit Ranggon Hills.

wisata berbasis alam pegunungan dan spot gardu pandang memang menjadi tren di tahun 2017 ini. Setelah Dlingo di Jogja menjadi sangat terkenal berkat wisata gardu pandang pegunungan, membuat banyak pokdarwis di berbagai daerah kemudian mengembangkan wisata serupa. Sebut saja Bukit Patihan Bruno di Purworejo dan Bukit Ternadi di Kudus. Ada juga yang terbaru di Malang bernama Taman Puncak. Tak mau ketinggalan dengan daerah-daerah lain, di Bogor juga ada wisata baru bernama Puncak Mustika Manik.

Puncak Mustika Manik menjadi salah satu tempat wisata baru di Bogor setelah The Ranch Megamendung yang diluncurkan beberapa waktu lalu. Menariknya, selain terdapat beragam tempat selfie unik, Harga Tiket Masuk Puncak Mustika Manik ini juga relatif murah dan terjangkau. Sehingga Lokasi Puncak Mustika Manik menjadi salah satu wisata murah di Bogor.

Ada beragam spot selfie unik di Puncak Mustika Manik seperti gardu pandang jembatan pohon, dan rumah pohon. Namun dari sekian banyak spot selfie, ada satu yang jadi favorit pengunjung yaitu spot rumah gantung. Spot ini menjadi yang paling banyak diburu karena keunikannya dan belum ada di tempat wisata lain. Di lokasi Puncak Mustika Manik selain kita berfoto selfie dengan spot unik, kita juga melihat pemandangan alam khas pegunungan dengan hamparan “karpet” hijau di sekitar Gunung Salak Endah. Suasana yang sepi serta sejuk juga bisa membuat pikiran fresh, membuang penat yang ada di dada.

Manfaat daun kelor untuk kesehatan

kelor

Khasiat Daun kelor memang menakjubkan kan bikin tubuh bahkan sampai dipakai sebagai pengusir jin atau ruqyah, daun Kelor berisi senyawa isothiocyanate benzil yang dapat mencegah pembentukan sel tumor dan kanker. Banyak riset ilmiah yang telah memperlihatkan efek daun kelor terhadap perkembangan sel tumor dan kanker. Studi kultur jaringan sel kanker serviks insan yang diterbitkan dalam Pada jurnal peneltian “Food and Chemical Toxicology.” edisi Juni 2011 menyatakan bahwa ekstrak daun kelor berfungsi untuk menyokong kematian sel dini, menangkal pertumbuhan dan reproduksi sel-sel kanker. Peneliti terkemuka memutuskan bahwa daun kelor mengindikasikan potensi sebagai pencegahan alami. Mengkonsumsi daun kelor secara teratur dapat menangkal timbulnya penyakit kanker dan menambah kualitas hidup pasien kanker. Di samping itu, daun kelor berisi lebih dari 40 jenis antioksidan yang bisa melawan efek radikal bebas yang dapat mengakibatkan mutasi dan kelainan pada sel.

Mengkonsumsi daun kelor masing-masing hari bisa membantu kamu dan keluarga kamu terhindar dari penyakit diabetes khususnya jika kamu mempunyai riwayat family dengan penyakit diabetes . Kadar nutrisi seng pada daun kelor yakni mineral yang berfungsi untuk buatan insulin. Pada studi ilmiah telah dilaksanakan uji jajaki pada hewa laboratorium yang diterbitkan dalam edisi Juni 2012 dari “Journal of Diabetes,” Setiap pemberian ekstrak daun kelor sebesar 150 miligram berfungsi sebagai anti diabetes yang signifikan. Penyakit diabetes ialah akibat melemahnya atau menurunnya faedah insulin, hormon pengatur kadar gula darah dalam tubuh. Penelitian melafalkan bahwa seseorang yang kelemahan Vitamin D mempunyai resiko yang tinggi menderita diabetes sebab vitamin ini dibutuhkan oleh sel islet dalam pankreas guna memproduksi insulin.

Daun kelor berisi sitokinin, sebuah hormon alami dalam tubuh yang memicu pembelahan, perkembangan sel, dan proses penuaan. hormon sitokinin dapat mencegah penuaan atau beraksi sebagai zat anti-aging dalam tubuh. Hormon sitokinin bekerja dengan teknik mempengaruhi siklus peralihan sel pada kulit dan mempercepat peralihan sel kulit mati dengan sel yang baru yang umumnya dilangsungkan sekitar 300 hari.

Liburan Ala barat di Farmhouse Lembang

Walaupun cuti natal dan tahun baru udah selesai, bukan berarti nyikreuh me sti ikutan berlalu juga! Pas dede-dede emesh dan orang-orang kantoran udah pada masuk sekolah sama kerja lagi, anda manfaatin waktu tersebut buat main ke Farmhouse, yapppp lokasi rekreasi ter-hits di area Lembang ketika ini. Tau kan yaaa yang waktu cuti natal dan tahun baru kemaren buat kawasan Setiabudhi-Lembang macet sampe 7 km? Nah, lokasi keren ini nih biang keladinya.

Kita milih main ke sini waktu cuti sekolah udah kelar biar pas dateng ke sana gak begitu rame alias rada sepi laah ketimbang masa-masa liburan kemaren. Eeeh ternyata sama aja dooong, tetep masih rame namun gak separah masa-masa musim cuti sekolah, sebenarnya kita tuh ke sananya hari Senin loh. Okeeee lansung ajaa anda mulai daftar perjalanan Liburan Ala Eropa di Farmhose Lembang kali ini!

Yang belum tau sama sekali Farmhouse tersebut yang mana, pasti akan langsung nemu deh, soalnya mereka pasang artikel farm house susu lembang besaaar banget di pinggir jalan. Tulisannya warna kuning, terus pagarnya pun menarik perhatian banget diciptakan dari potongan-potongan akar pohon tua yang dibentuk rapi di sepanjang pembatas unsur depannya. Unik kan? Jadi, dipastikan gak akan kendala sama sekali bikin nemuin lokasi ini.

Kita ke sananya bulan Januari sih ya, masih masuk musim hujan. Jadi siang-siang juga dapat banget hujan badigs (hujan deras). Hujan mulai ngeroyok anda di Jalan Lembang, 5 menit sebelum sampe Farmhouse. Tadinya inginkan neduh dulu, namun tanggung udah deket ya udah jadinya anda tawuran sama hujan. Nyampe pintu masuknya jam 12.15 wib dan langsung bayar tiket. Harga bikin tiket masuk+welcome drink/food 20k/orang. Terus kalo bawa kendaraan individu ada tambahan ongkos 5k/motor dan 10k/mobil.

Nah, kesatu masuk anda langsung cari parkiran. Gak sulit sih nyarinya soalnya lokasi parkirnya lumayan luas, dapat nampung puluhan sampe ratusan kendaraan. Abis tersebut kita dapat langsung nuker tiket masuk sama susu murni atau sosis bakar sebelum masuk ke dalem Farmhousenya.

Cara Aman Menghilangkan Karang Gigi Sendiri Di Rumah Tanpa Menimbulkan Rasa Sakit.


Masalah yang sering kali hadir pada gigi salah satunya ialah plak dan karang gigi. Karang gigi dapat mengurangi tingkat percaya diri seseorang sebab karang gigi dapat memprovokasi penampilan seseorang dan dapat dianggap tidak cukup bersih dalam mencuci gigi dan mulut. Banyak teknik untuk menghilangkan karang gigi tanpa mesti ke dokter. Kebanyakan orang berpindah menggunakan teknik membersihkan karang gigi secara alami ataupun secara tradisional sebab dengan teknik ini kamu tidak mesti ke dokter gigi dengan ongkos yang mahal.

Cara mencuci karang gigi yang telah mengeras, parah, membandel, kuning dan telah lama apakah terdapat dan bagaimana teknik mebersihkan karang gigi itu ? Tenang semuanya bakal kita kupas dalam “Cara Aman Menghilangkan Karang Gigi Sendiri Di Rumah Tanpa Menimbulkan Rasa Sakit Secara Cepat” Langsung saja tak butuh berlama-lama ini dia tips dan caranya.

1. Cara menghilangkan karang gigi memakai biji wijen
Sedikit yang mengetahui teknik membersihkan karang di gigi dengan teknik ini. Caranya pun termasuk mudan yaitu:
– Sediakan biji wijen kira-kira separuh sendok teh, sikat gigi dan air hangat
– Kunyah biji wijen dan tidak boleh di telan
– Lalu sikatlah gigi memakai sikat gigi kering.
– Biji wijen bakal menggosok gigi kamu dan menghilangkan karang gigi.
– Terakhir kumur-kumurlah memakai air hangat tadi.

2. Cara menghilangkan karang gigi memakai garam halus
Garam di samping sebagai bumbu dapur dan sebagai pengganti oralit di tulisan “Cara Darurat Mengatasi Penyakit Diare Dan Penanganannya” yang sudah kita kupas sebelumnya pun tenyata memiliki guna lain yakni dapat mencuci karang gigi. Cara pemakaiannya juga terbilang sangat gampang yaitu:
– Sediakan garam dapur halus, sikat gigi dan air dingin.
– Gunakan garam sebagai pengganti pasta gigi guna menggosok gigi.
– Terakhir kumur-kumurlah memakai air dingin.
– Untuk menemukan hasil yang maksimal lakukanlah urusan ini 2-3 kali seminggu.

3. Cara untuk mencuci karang gigi memakai biji asam kawak
cara menghilangkan karang gigi dengan bahan alami selanjutnya yakni dengan memakai biji asam kawak. Biji asam kawak ternyata mempunyai khasiat yang tidak anda duga yakni dapat menanggulangi karang pada gigi adapun teknik pemakaiannya sebagai berikut:
– Sangrailah biji asam kawak.
– Selanjutnya blender atau tumbuk biji asam kawak sampai menjadi bubuk.
– Gosoklah gigi yang ada plak atau karang gigi dengan bubuk blenderan biji asam kawak memakai sikat gigi atau kapas.
– dan lihatlah hasilnya plak atau karang bakal berkurang.

4. Cara mencuci karang pada gigi memakai cengkeh
Manfaat cengkeh telah terkenal guna kesehatan salah satunya untuk mencuci karang gigi. Adapun teknik pemakaiannya ialah sebagai berikut:
– Sediakan 7 butir cengkeh.
– Tumbuk hingga halus.
– Gosok pada karang gigi secara perlahan dan hati-hati tidak boleh sampai melukai gusi.
– Terakhir berkumur kumurlah memakai air hangat.

5. Cara mencuci karang gigi dengan memakai buah apel, tomat dan strawberry
Cara yang satu ini sangatlah mudah sebab tidak membutuhkan trik khusus. Anda lumayan memakan buah itu diatas yang telah dibersihkan bersih atau steril tanpa mengupas kulitnya.Cara ini pun dapat digunakan untuk memutihkan gigi yang kita kupas dalam tulisan “Cara Pilihan Bagi Memutihkan Gigi Kuning Secara Alami” Cukup simple kan di samping mudah teknik ini pun tergolong teknik yang nikmat dan sehat.

6. Cara menghilangkan karang gigi memakai baking soda atau soda kue
Baking soda atau soda kue adalahbahan bahan untuk menciptakan kue mengembang. Di samping mengenbangkan kue baking soda juga dapat membersihkan karang gigi secara alami. Adapun teknik pemakaiannya sebagai berikut:
– Basahi sikat gigi memakai air.
– Tuangkan satu sendok baking soda kedalam mulut (jangan di telan)
– Lalu gosoklah gigi kamu dengan sikat gigi dan baking soda sebagai pengganti pasta gigi.
– Terakhir kumur-kumurlah memakai air bersih.

7. Cara alami menghilangkan karang gigi memakai kulit jeruk
Kulit jeruk tidak jarang kali anda buang namun tanpa anda sadari ternyata kulit jeruk mempunyai khasiat guna menghilangkan karang gigi. Caranya juga tidak sulit alias gampang. Cukup dengan menggosokkan kulit jeruk unsur dalam pada plak atau karang gigi, karang gigi bakal terkikis dan kamu pun bisa terbebas dari bau mulut yang diakibatkan oleh karang gigi.

Itulah sejumlah tips alami menghilangkan karang gigi tanpa mesti pergi ke dokter. Tentunya untuk menangkal karang pada gigi kamu harus membudayakan diri kamu untuk selalu memakai pola hidup yang sehat.